PERANGKAT PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI BAHASA ARAB
KELAS IV
SEMESTER GANJIL
Oleh : Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM – BOJONEGORO
TAHUN 2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : MI Baitul
Muttaqin
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/1
Pokok Bahasan : أعضاء الجسم
Sub Pokok
Bahasan : Maharoh Al Qira’ah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke - : 1
Pendekatan : Humanistik
Metode : Active Learning
A.
Standar
Kompetensi : 1. Membaca
·
Memahami wacana
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog perkenalan.
B.
Kompetensi
Dasar : 1. Berbicara
·
Melakukan
dialog sederhana tentang
أعضاء الجسم
·
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
أعضاء الجسم
C.
Indikator 1. Membaca kosakata dengan baik dan benar.
2. Mengidentifikasi makna dalam wacana tentang
perkenalan.
3. Siswa dapat menjawab pertanyaan dari wacana
yang telah dipelajari.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat
membaca kata, frasa, dan kalimat tentang أعضاء الجسم benar dan baik
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan dalam teks
sehingga mereka memahami maksud dari bacaan tersebut.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
القراءة
للإنسان جسم، للجسم أجزاء. وأجزاء الجسم : الرأس، والأنف،
والفم، والعين، واليد، والرجل.
في ناحية الأمام من الرأس وعلى الرأس
شعر، و الإنسان ينظر كل شيئ بالعين، ويأكل بالفمِ، ويشم الرائحة باالأنف، ويأخذ كل
شيئ باليد، ويمشى بالرجل.
2.
المفردات الجديدة
رأس (Kepala)، شعر (Rambut)، عين (Mata)، فم (Mulut)، أنف (Hidung)، يد (Tangan)، رجل (Kaki).
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Guru
Mengucapkan kosakata atau mufrodat.
2. Siswa menulis mufrodat dibuku masing-masing dan
didiktikan oleh guru.
3. Siswa membaca mufrodat tersebut secara
bersamaan lalu bergantian antar kelompok.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta didik
|
Alokasi waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Awal/
Apersepsi
a.
Guru
Mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah
b.
Guru
memberikan permainan sebagai motivasi untuk mengikuti pelajaran.
Kegiatan inti
a.
Guru
menjelaskan pentingnya mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik.
b.
Guru
Membacakan mufrodat tentang أعضاء الجسم dengan menggunakan media kartu dan membagikan teks
bacaan.
c.
Guru
memeriksa pemahaman peserta didik dengan meminta mereka membaca apa yang
telah bagikan oleh guru.
Penutup
a.
Guru mengajak
peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam
|
سأقول
" السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
بقراءة البسملة جماعة..........
قبل
بدء الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن
نفرح ....ل ل ل ل.....2×
أكتبوا
هذا المادة الأخيرة : رأس، شعر، عين، فم، أنف، يد، رجل.
إستمعوا
واهتموا جيدا !!
سيقرأ
أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم.
نكتفي
درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم..
|
Peserta didik menjawab salam dan
membaca basmalah bersama.
Peserta didik mengikuti instruksi
guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan memahami pentingnya
bahasa Arab
Peserta didik mendengarkan
mufrodat yang di ucapkan oleh guru
Peserta didik mencatat mufrodat
yang dibacakan guru dibuku masing-masing
peserta didik membaca wacana
secara bergantian
Peserta didik mendengaran arahan
guru
Peserta didik membaca hamdalah
bersama-sama dan menjawab salam
|
2 menit
10 menit
3 menit
15
menit
20 menit
10 menit
5 menit
5 menit
|
H.
Sumber dan
Media Pembelajaran
1.
Guru
2.
Buku Panduan
Bahasa Arab Kelas IV
3.
Buku Lembar
Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas IV
4.
Kartu mufrodat,
Blackboart, Penghapus, dan Kapur Tulis
5.
Kamus.
I.
Penilaian/Bentuk
Evaluasi
No
|
Nama
|
Kriteria dan
Skala Pensekoran
|
|||
Ketepatan
membaca
|
Pemahaman
bacaan
|
Ketepatan
menjawab
|
Skor
|
||
20
|
40
|
40
|
100
|
||
Kriteria
Penilaian : 85 – 75 = A 64
– 55 = C
74 – 65 = B 54 – 45 =
D
J.
Lampiran
-
Silabus
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
Nama Sekolah
|
: MI Baitul
Muttaqin
|
Mata
Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
Kelas /
Semester
|
: IV / Ganjil
|
Standar
Kompetensi
|
: Membaca/Qira’ah. Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog tentang anggota badan.
|
Alokasi Waktu
|
: 2 X 35
menit (1x Pertemuan)
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
KRITERIA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.1
Melafalkan
Huruf Hijaiyah kata, frasa, kalimat, dan wacana tertulis tentang تعارف، أدوات
المدرسة، أعضاء الجسم
1.2
Menemukan
makna, gagasan, atau ide wacana tertulis
tentang تعارف، أدوات المدرسة،
أعضاء الجسم
|
Membaca teks bacaan tentang تعارف، أدوات المدرسة، أعضاء الجسم.
|
-Guru mengucapkan kosakata dengan
baik dan benar, dan siswa menirukan.
-Siswa belajar melafalkan bacaan
dengan baik dan benar tentang تعارف، أدوات المدرسة،
أعضاء الجسم.
|
- Membaca mufrodat dengan baik dan
benar.
-Mengidentifikasi makna dalam
wacana tentang تعارف، أدوات المدرسة،أعضاء الجسم.
-Menjawab pertanyaan-pertanyaan
seputar wacana tentang تعارف، أدوات المدرسة،
أعضاء الجسم.
|
-Pertanyaan tulis.
-Tugas Individu
|
2x35 menit
|
-Buku panduan Bahasa Arab Kelas
IV.
-Buku Lembar kerja siswa (Peserta
didik) kelas IV.
-Kamus Bahasa Arab.
|
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Santoso
Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012
– 2013
Bidang Studi : BAHASA
ARAB
Kelas :
IV (Empat)
Semester :
Ganjil/Genap
Smt
|
Nomor
PSP
|
Pokok Bahasan
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
I
|
1
2
3
|
1. تعارف
2. أدوات المدرسية
3. أعضاء الجسم
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
|||
II
|
1
2
|
1. الحياة العائلية
2. الأسرة
3. العنوان
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran
Drs.
Santoso
Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM
SEMESTER
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab Kelas
/ Semester : IV /Ganjil
Satuan Pendidikan : MI Tahun
Pelajaran : 2012 – 2013
No
|
Pokok Bahasan /
Sub Pokok Bahasan
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust.
|
Sept.
|
Okt.
|
Nop.
|
Des.
|
Ket.
|
|||||||||||||||||||||||||
TM
|
UH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||
1.
|
تعارف
|
الاستماع
|
2
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام
|
3
|
X
|
X
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة
|
1
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
أدوات
المدرسة
|
الاستماع
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام
|
4
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة
|
4
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة
|
2
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
أعضاء
الجسم
|
الاستماع
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام
|
2
|
X
|
X
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة
|
2
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة
|
1
|
X
|
X
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة
|
2
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah waktu yang diperlukan
|
42
|
4
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian target kurikulum
|
Persen %
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelaksaan. %
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala
Sekolah
Drs.
Santoso
|
Guru Mata Pelajaran
Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar