PERANGKAT PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI BAHASA ARAB
KELAS IV
SEMESTER GANJIL
Oleh : Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM – BOJONEGORO
TAHUN 2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                                   : MI Baitul
Muttaqin
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : IV/1
Pokok Bahasan                       : أعضاء الجسم
Sub Pokok
Bahasan                : Maharoh Al Qira’ah
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Pertemuan ke -                        : 1
Pendekatan                             : Humanistik
Metode                                    : Active Learning
A.    
Standar
Kompetensi : 1. Membaca
·        
Memahami wacana
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog perkenalan.
B.    
Kompetensi
Dasar    : 1. Berbicara
·        
Melakukan
dialog sederhana tentang 
 أعضاء الجسم
·        
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
أعضاء الجسم
C.    
Indikator                   1.  Membaca kosakata dengan baik dan benar.
2.  Mengidentifikasi makna dalam wacana tentang
perkenalan.
3.   Siswa dapat menjawab pertanyaan dari wacana
yang telah dipelajari.
D.     Tujuan
Pembelajaran
1.      Siswa dapat 
membaca kata, frasa, dan kalimat tentang  أعضاء الجسم benar dan baik 
2.      Siswa dapat menjawab pertanyaan dalam teks
sehingga mereka memahami maksud dari bacaan tersebut. 
E.    
Materi
Pembelajaran
1.   
القراءة
للإنسان جسم، للجسم أجزاء. وأجزاء الجسم : الرأس، والأنف،
والفم، والعين، واليد، والرجل. 
في ناحية الأمام من الرأس وعلى الرأس
شعر، و الإنسان ينظر كل شيئ بالعين، ويأكل بالفمِ، ويشم الرائحة باالأنف، ويأخذ كل
شيئ باليد، ويمشى بالرجل.   
2.  
المفردات الجديدة
رأس (Kepala)، شعر (Rambut)، عين (Mata)، فم (Mulut)، أنف (Hidung)، يد (Tangan)، رجل (Kaki).
F.     
Kegiatan
Pembelajaran
1.     
Guru
Mengucapkan kosakata atau mufrodat.
2.      Siswa menulis mufrodat dibuku masing-masing dan
didiktikan oleh guru.
3.      Siswa membaca mufrodat tersebut secara
bersamaan lalu bergantian antar kelompok.
G.   
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No 
 | 
  
Kegiatan Guru 
 | 
  
Kegiatan Peserta didik 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
 |
1. 
 | 
  
Kegiatan Awal/ 
Apersepsi 
a.           
  Guru
  Mengawali kegiatan pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah 
b.          
  Guru
  memberikan permainan sebagai motivasi untuk mengikuti pelajaran. 
Kegiatan inti 
a.         
  Guru
  menjelaskan pentingnya mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik. 
b.         
  Guru
  Membacakan mufrodat tentang  أعضاء الجسم dengan menggunakan media kartu  dan membagikan teks
  bacaan. 
c.         
  Guru
  memeriksa pemahaman peserta didik dengan meminta mereka membaca apa yang
  telah bagikan  oleh guru. 
Penutup 
a.         
  Guru mengajak
  peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar  
b.         
  Guru menutup
  pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam 
 | 
  
سأقول
  " السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
  بقراءة البسملة جماعة.......... 
قبل
  بدء الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن
  نفرح ....ل ل ل ل.....2× 
أكتبوا
  هذا المادة الأخيرة : رأس، شعر، عين، فم، أنف، يد، رجل. 
إستمعوا
  واهتموا جيدا !! 
سيقرأ
  أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم. 
نكتفي
  درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
  بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم.. 
 | 
  
Peserta didik menjawab salam dan
  membaca basmalah bersama. 
Peserta didik mengikuti instruksi
  guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan memahami pentingnya
  bahasa Arab 
Peserta didik mendengarkan
  mufrodat yang di ucapkan oleh guru 
Peserta didik mencatat mufrodat
  yang dibacakan guru dibuku masing-masing  
peserta didik membaca wacana
  secara bergantian  
Peserta didik mendengaran arahan
  guru 
Peserta didik membaca hamdalah
  bersama-sama dan menjawab salam 
 | 
  
2 menit 
10 menit 
3 menit 
15 
  menit  
20 menit 
10 menit 
5 menit 
5 menit 
 | 
 
H.   
Sumber dan
Media Pembelajaran
1.     
Guru
2.     
Buku Panduan
Bahasa Arab Kelas IV
3.     
Buku Lembar
Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas IV
4.     
Kartu mufrodat,
Blackboart, Penghapus, dan Kapur Tulis
5.     
Kamus.
I.      
Penilaian/Bentuk
Evaluasi
No 
 | 
  
Nama 
 | 
  
Kriteria dan
  Skala Pensekoran 
 | 
 |||
Ketepatan
  membaca 
 | 
  
Pemahaman
  bacaan 
 | 
  
Ketepatan
  menjawab 
 | 
  
Skor 
 | 
 ||
20 
 | 
  
40 
 | 
  
40 
 | 
  
100 
 | 
 ||
Kriteria
Penilaian : 85 – 75 = A                                                          64
– 55 = C
                             74 – 65 = B                                                            54 – 45 =
D
J.     
Lampiran
-         
Silabus
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah                                                                    Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso                                                                            Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
Nama Sekolah 
 | 
  
: MI Baitul
  Muttaqin  
 | 
 
Mata
  Pelajaran 
 | 
  
: Bahasa Arab
   
 | 
 
Kelas /
  Semester 
 | 
  
: IV / Ganjil 
 | 
 
Standar
  Kompetensi 
 | 
  
: Membaca/Qira’ah. Memahami
  wacana tulis berbentuk paparan  atau
  dialog tentang anggota badan. 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 2 X 35
  menit (1x Pertemuan) 
 | 
 
KOMPETENSI
  DASAR 
 | 
  
MATERI
  PEMBELAJARAN 
 | 
  
KEGIATAN
  PEMBELAJARAN 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
  
PENILAIAN 
 | 
  
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
SUMBER
  BELAJAR 
 | 
  
KRITERIA 
 | 
 
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
6 
 | 
  
7 
 | 
  
8 
 | 
 
1.1 
Melafalkan
  Huruf Hijaiyah kata, frasa, kalimat, dan wacana tertulis tentang تعارف، أدوات
  المدرسة، أعضاء الجسم 
1.2    
Menemukan
  makna, gagasan, atau ide wacana tertulis 
  tentang تعارف، أدوات المدرسة، 
أعضاء الجسم 
 | 
  
Membaca teks bacaan tentang تعارف، أدوات المدرسة، أعضاء الجسم. 
 | 
  
-Guru mengucapkan kosakata dengan
  baik dan benar, dan siswa menirukan.  
-Siswa belajar melafalkan bacaan
  dengan baik dan benar tentang تعارف، أدوات المدرسة، 
أعضاء  الجسم. 
 | 
  
- Membaca mufrodat dengan baik dan
  benar. 
-Mengidentifikasi makna dalam
  wacana tentang تعارف، أدوات المدرسة،أعضاء الجسم. 
-Menjawab pertanyaan-pertanyaan
  seputar wacana tentang تعارف، أدوات المدرسة، 
أعضاء  الجسم. 
 | 
  
-Pertanyaan tulis. 
-Tugas Individu 
 | 
  
2x35 menit 
 | 
  
-Buku panduan Bahasa Arab Kelas
  IV.  
-Buku Lembar kerja siswa (Peserta
  didik) kelas IV. 
-Kamus Bahasa Arab. 
 | 
  
                                                                                                                         
Bojonegoro, 18 Juli 2012 
Kepala Madrasah                                                                                              Guru Mata Pelajaran 
Drs. Santoso
                                                                                                               Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012
– 2013
Bidang Studi  : BAHASA
ARAB
Kelas               :
IV (Empat)
Semester         :
Ganjil/Genap
Smt 
 | 
  
Nomor 
PSP 
 | 
  
Pokok Bahasan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
I 
 | 
  
1 
2 
3 
 | 
  
1.      تعارف 
2.      أدوات المدرسية 
3.      أعضاء الجسم 
 | 
  
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  |
JUMLAH 
 | 
  
46 JP 
 | 
  |||
II 
 | 
  
1 
2 
 | 
  
1.      الحياة العائلية 
2.      الأسرة 
3.      العنوان 
 | 
  
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  |
JUMLAH 
 | 
  
46 JP 
 | 
  
Bojonegoro, 18 Juli 2012
                                                         Mengetahui,
          Kepala Madrasah,                                            Guru Mata Pelajaran
       Drs.
Santoso                                                    
Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM
SEMESTER
Mata
Pelajaran                      : Bahasa Arab                                                                                                                       Kelas
/ Semester    : IV /Ganjil 
Satuan Pendidikan                             : MI                                                                                                                                           Tahun
Pelajaran   : 2012 – 2013
No 
 | 
  
Pokok Bahasan /
  Sub  Pokok Bahasan 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
  
Juli 
 | 
  
Agust. 
 | 
  
Sept. 
 | 
  
Okt. 
 | 
  
Nop. 
 | 
  
Des. 
 | 
  
Ket. 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||
TM 
 | 
  
UH 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  ||||||||
1. 
 | 
  
تعارف 
 | 
  
الاستماع 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة 
 | 
  
1 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
2. 
 | 
  
أدوات
  المدرسة 
 | 
  
الاستماع 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام 
 | 
  
4 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة 
 | 
  
4 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
3. 
 | 
  
أعضاء
  الجسم 
 | 
  
الاستماع 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة 
 | 
  
1 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah waktu yang diperlukan 
 | 
  
42 
 | 
  
4 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian target kurikulum 
 | 
  
Persen % 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||||
  Pelaksaan. % 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala
  Sekolah 
Drs.
  Santoso 
 | 
 
Guru Mata Pelajaran
Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar