PERANGKAT
PEMBELAJARAN
BIDANG
STUDI BAHASA ARAB
KELAS
IV
SEMESTER
GANJIL
Oleh
: Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN
AGAMA RI
MADRASAH
IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM
– BOJONEGORO
TAHUN
2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                         :
MI Baitul Muttaqin
Mata Pelajaran             :
Bahasa Arab
Kelas/Semester            :
IV/1
Pokok Bahasan            :
التعارف
Sub Pokok Bahasan     : Maharoh
Al Kitabah
Alokasi Waktu             : 2
x 35 menit
Pertemuan ke -             : 1
Pendekatan                  :
Humanistik
Metode                                    :
Active Learning
A.    
Standar
Kompetensi   :  1. Menulis
Menulis Kata,
Ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan, alat-alat
sekolah, dan profesi.
B.    
Kompetensi
Dasar      : 1. Menulis 
Menyalin kata,
kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  التعارف 
C.    
Indikator                     1.    Membaca kosakata dengan baik dan benar.
2.   Membuat karangan sederhana tentang perkenalan.
3.   Menjawab pertanyaan yang berkaitan tentang
perkenalan.
D.    
Tujuan
Pembelajaran
1.     
Siswa dapat  menyusun kata menjadi kalimat dengan baik dan
benar.
2.     
Siswa dapat mengungkapkan makna dari
 kalimat tentang التعارف Dengan benar dan baik. 
3.     
Siswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan
profesi.  
E.     Materi Pembelajaran
1.     
أنا، أنت، نحن،
أستاذ، تاجر، الفلاح، ذهب، يرجع، المدرسة، الفصل، المسطرة، الباب.
2.     
أنا أذهب إلى
المدرسة، ويلتقي مع أستاذي، وهو يتكلم مع تاجر والفلاح أمام المدرسة. 
F.      Kegiatan Pembelajaran
1.     
Guru menulis kosakata atau mufrodat  dan menyusun kata menjadi
kalimat.
2.     
Siswa mengidentifikasi makna dalam
kalimat dan menjadikan sebuah karangan sederhana.
3.     
Siswa membaca hasil karangannya
bergantian antar kelompok.
G.   
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
| 
   
No 
 | 
  
   
Kegiatan
  Guru 
 | 
  
   | 
  
   
Kegiatan
  Peserta didik 
 | 
  
   
Alokasi
  waktu 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Kegiatan
  Awal/ 
Apersepsi 
a.           
  Guru Mengawali kegiatan
  pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah 
b.          
  Guru memberikan permainan sebagai
  motivasi untuk mengikuti pelajaran. 
Kegiatan inti 
a.         
  Guru menjelaskan pentingnya
  mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik. 
b.         
  Guru Membacakan mufrodat tentang  التعارف dengan menggunakan media kartu  
c.         
  Guru memeriksa pemahaman peserta
  didik dengan meminta mereka membuat karangan bebas tenang perkenalan. 
Penutup 
a.         
  Guru mengajak peserta didik
  melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar  
b.         
  Guru menutup pelajaran dengan
  membaca hamdalah dan mengucapkan salam 
 | 
  
   
سأقول
  " السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
  بقراءة البسملة جماعة.......... 
قبل بدء
  الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن نفرح
  ....ل ل ل ل.....2× 
أكتبوا هذا
  المادة الأخيرة : تعارف، الأدات المدرسية، السبورة، الكتاب، المهنة، الأستاذ،
  التاجر, الفلاح. 
إستمعوا
  واهتموا جيدا !! 
سيقرأ
  أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم. 
نكتفي
  درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
  بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم.. 
 | 
  
   
Peserta
  didik menjawab salam dan membaca basmalah bersama. 
Peserta
  didik mengikuti instruksi guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan
  memahami pentingnya bahasa Arab 
Peserta
  didik mendengarkan mufrodat yang di ucapkan oleh guru 
Peserta
  didik mencatat mufrodat yang dibacakan guru dibuku masing-masing  
peserta
  didik membaca apa yang mereka catat secara bergantian  
Peserta
  didik mendengaran arahan guru 
Peserta
  didik membaca hamdalah bersama-sama dan menjawab salam 
 | 
  
   
2
  menit 
10
  menit 
3
  menit 
15  menit  
20
  menit 
10
  menit 
5
  menit 
5
  menit 
 | 
 
H.   
Sumber dan
Media Pembelajaran
1.      Guru
2.      Buku
Panduan Bahasa Arab Kelas IV
3.      Buku
Lembar Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas IV
4.      Kartu
mufrodat, Blackboart, Penghapus, dan Kapur Tulis
5.      Kamus
I.      
Penilaian/Bentuk
Evaluasi
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Kriteria dan Skala Pensekoran 
 | 
 |||
| 
   
Ketepatan menulis 
 | 
  
   
Pemahaman mengarang 
 | 
  
   
Ketepatan menjawab 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 ||
| 
   | 
  
   | 
  
   
20 
 | 
  
   
40 
 | 
  
   
40 
 | 
  
   
100 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Kriteria Penilaian : 85 – 75 = A                                                 64
– 55 = C
                             74 – 65 = B                                                 54 – 45 = D
J.     
Lampiran
-         
Silabus
Bojonegoro, 18
Juli 2012
Kepala Madrasah                                                                     Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso                                                                       Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
| 
   
Nama
  Sekolah 
 | 
  
   
:
  MI Baitul Muttaqin  
 | 
 
| 
   
Mata
  Pelajaran 
 | 
  
   
:
  Bahasa Arab  
 | 
 
| 
   
Kelas
  / Semester 
 | 
  
   
:
  IV / Ganjil 
 | 
 
| 
   
Standar
  Kompetensi 
 | 
  
   
: Menulis/Kitabah.
  Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek tentang perkenalan,
  alat-alat sekolah, dan profesi. 
 | 
 
| 
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
: 2
  X 35 menit (1x Pertemuan) 
 | 
 
| 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
MATERI PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
   
SUMBER BELAJAR 
 | 
  
   
KRITERIA 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
8 
 | 
 
| 
   
1.1 
Menyalin
  kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang التعارف، الآدات المدرسية , المهنة  
1.2 
Mengungkapkan informasi dan gagasan secara
  tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف،
  الآدات المدرسية , المهنة 
 | 
  
   
Menyusun
  kata dan menjadikan karangan (Insya’) dengan mufrodat dan struktur kalimat
  tentang
  التعارف، الآدات المدرسية، المهنة. 
 | 
  
   
Guru
  memberi pengarahan sekaligus contoh dalam penulisan insya’ dan siswa
  mengarang dari mufrodat tentang التعارف، الآدات
  المدرسية، المهنة. 
 | 
  
   
-Menyusun kata menjadi kalimat dengan baik
  dan benar. 
-Mengidentifikasi makna dalam karangan (Insya’) tentang
  perkenalan, alat-alat sekolah, dan profesi. 
-Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perkenalan, alat-alat
  sekolah, dan profesi. 
 | 
  
   
-Pertanyaan
  tulis. 
 | 
  
   
2x35
  menit 
 | 
  
   
-Buku
  panduan Bahasa Arab Kelas IV.  
-Buku
  Lembar kerja siswa (Peserta didik) kelas IV. 
-Kamus
  Bahasa Arab. 
 | 
  
   | 
 
                                                                                                                    Bojonegoro,
18 Juli 2012
Kepala Madrasah                                                                                         Guru Mata Pelajaran           
Drs. Santoso                                                                                         Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Bidang Studi  : BAHASA
ARAB
Kelas               : IV
(Empat)
Semester         :
Ganjil/Genap
| 
   
Smt 
 | 
  
   
Nomor 
PSP 
 | 
  
   
Pokok Bahasan 
 | 
  
   
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
1 
2 
3 
 | 
  
   
1.     
  تعارف 
2.     
  أدوات المدرسية 
3.     
  المهنة 
 | 
  
   
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  
   | 
 
| 
   
JUMLAH 
 | 
  
   
46 JP 
 | 
  
   | 
 ||
| 
   
II 
 | 
  
   
1 
2 
 | 
  
   
1.     
  الحياة العائلية 
2.     
  الأسرة 
3.     
  العنوان 
 | 
  
   
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  
   | 
 
| 
   
JUMLAH 
 | 
  
   
46 JP 
 | 
  
   | 
 
Bojonegoro, 18 Juli 2012
                                                         Mengetahui,
          Kepala Madrasah,                                            Guru Mata Pelajaran
       Drs. Santoso                                                 Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran                      : Bahasa Arab                                                                                                                       Kelas
/ Semester : IV /Ganjil
Satuan Pendidikan               :
MI                                                                                                                                        Tahun
Pelajaran                : 2012 – 2013
| 
   
No 
 | 
  
   
Pokok Bahasan / Sub
   Pokok Bahasan 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Juli 
 | 
  
   
Agust. 
 | 
  
   
Sept. 
 | 
  
   
Okt. 
 | 
  
   
Nop. 
 | 
  
   
Des. 
 | 
  
   | 
  
   
Ket. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||
| 
   
TM 
 | 
  
   
UH 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
1. 
 | 
  
   
التعارف 
 | 
  
   
الاستماع 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
الكلام 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
القراءة 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
الكتابة 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
التمرينة 
 | 
  
   | 
  
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
2. 
 | 
  
   
الأدوات المدرسة 
 | 
  
   
الاستماع 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
الكلام 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
القراءة 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
الكتابة 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
التمرينة 
 | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
3. 
 | 
  
   
المهنة 
 | 
  
   
الاستماع 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
الكلام 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
القراءة 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
الكتابة 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
التمرينة 
 | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
Jumlah waktu yang diperlukan 
 | 
  
   
42 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
Pencapaian target
  kurikulum 
 | 
  
   
Persen % 
 | 
  
   | 
 |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
  Pelaksaan. % 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||||||
  
  | 
 
  
  | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar