PERANGKAT
PEMBELAJARAN
BIDANG
STUDI BAHASA ARAB
KELAS
IV
SEMESTER
GANJIL
Oleh
: Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN
AGAMA RI
MADRASAH
IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM
– BOJONEGORO
TAHUN
2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
MI Baitul Muttaqin
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
IV/1
Pokok Bahasan :
التعارف
Sub Pokok Bahasan : Maharoh
Al Kitabah
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
Pertemuan ke - : 1
Pendekatan :
Humanistik
Metode :
Active Learning
A.
Standar
Kompetensi : 1. Menulis
Menulis Kata,
Ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan, alat-alat
sekolah, dan profesi.
B.
Kompetensi
Dasar : 1. Menulis
Menyalin kata,
kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang التعارف
C.
Indikator 1. Membaca kosakata dengan baik dan benar.
2. Membuat karangan sederhana tentang perkenalan.
3. Menjawab pertanyaan yang berkaitan tentang
perkenalan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyusun kata menjadi kalimat dengan baik dan
benar.
2.
Siswa dapat mengungkapkan makna dari
kalimat tentang التعارف Dengan benar dan baik.
3.
Siswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan
profesi.
E. Materi Pembelajaran
1.
أنا، أنت، نحن،
أستاذ، تاجر، الفلاح، ذهب، يرجع، المدرسة، الفصل، المسطرة، الباب.
2.
أنا أذهب إلى
المدرسة، ويلتقي مع أستاذي، وهو يتكلم مع تاجر والفلاح أمام المدرسة.
F. Kegiatan Pembelajaran
1.
Guru menulis kosakata atau mufrodat dan menyusun kata menjadi
kalimat.
2.
Siswa mengidentifikasi makna dalam
kalimat dan menjadikan sebuah karangan sederhana.
3.
Siswa membaca hasil karangannya
bergantian antar kelompok.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal/
Apersepsi
a.
Guru Mengawali kegiatan
pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah
b.
Guru memberikan permainan sebagai
motivasi untuk mengikuti pelajaran.
Kegiatan inti
a.
Guru menjelaskan pentingnya
mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik.
b.
Guru Membacakan mufrodat tentang التعارف dengan menggunakan media kartu
c.
Guru memeriksa pemahaman peserta
didik dengan meminta mereka membuat karangan bebas tenang perkenalan.
Penutup
a.
Guru mengajak peserta didik
melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru menutup pelajaran dengan
membaca hamdalah dan mengucapkan salam
|
سأقول
" السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
بقراءة البسملة جماعة..........
قبل بدء
الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن نفرح
....ل ل ل ل.....2×
أكتبوا هذا
المادة الأخيرة : تعارف، الأدات المدرسية، السبورة، الكتاب، المهنة، الأستاذ،
التاجر, الفلاح.
إستمعوا
واهتموا جيدا !!
سيقرأ
أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم.
نكتفي
درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم..
|
Peserta
didik menjawab salam dan membaca basmalah bersama.
Peserta
didik mengikuti instruksi guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan
memahami pentingnya bahasa Arab
Peserta
didik mendengarkan mufrodat yang di ucapkan oleh guru
Peserta
didik mencatat mufrodat yang dibacakan guru dibuku masing-masing
peserta
didik membaca apa yang mereka catat secara bergantian
Peserta
didik mendengaran arahan guru
Peserta
didik membaca hamdalah bersama-sama dan menjawab salam
|
2
menit
10
menit
3
menit
15 menit
20
menit
10
menit
5
menit
5
menit
|
H.
Sumber dan
Media Pembelajaran
1. Guru
2. Buku
Panduan Bahasa Arab Kelas IV
3. Buku
Lembar Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas IV
4. Kartu
mufrodat, Blackboart, Penghapus, dan Kapur Tulis
5. Kamus
I.
Penilaian/Bentuk
Evaluasi
No
|
Nama
|
Kriteria dan Skala Pensekoran
|
|||
Ketepatan menulis
|
Pemahaman mengarang
|
Ketepatan menjawab
|
Skor
|
||
|
|
20
|
40
|
40
|
100
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian : 85 – 75 = A 64
– 55 = C
74 – 65 = B 54 – 45 = D
J.
Lampiran
-
Silabus
Bojonegoro, 18
Juli 2012
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
Nama
Sekolah
|
:
MI Baitul Muttaqin
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Arab
|
Kelas
/ Semester
|
:
IV / Ganjil
|
Standar
Kompetensi
|
: Menulis/Kitabah.
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek tentang perkenalan,
alat-alat sekolah, dan profesi.
|
Alokasi
Waktu
|
: 2
X 35 menit (1x Pertemuan)
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
KRITERIA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.1
Menyalin
kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang التعارف، الآدات المدرسية , المهنة
1.2
Mengungkapkan informasi dan gagasan secara
tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف،
الآدات المدرسية , المهنة
|
Menyusun
kata dan menjadikan karangan (Insya’) dengan mufrodat dan struktur kalimat
tentang
التعارف، الآدات المدرسية، المهنة.
|
Guru
memberi pengarahan sekaligus contoh dalam penulisan insya’ dan siswa
mengarang dari mufrodat tentang التعارف، الآدات
المدرسية، المهنة.
|
-Menyusun kata menjadi kalimat dengan baik
dan benar.
-Mengidentifikasi makna dalam karangan (Insya’) tentang
perkenalan, alat-alat sekolah, dan profesi.
-Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perkenalan, alat-alat
sekolah, dan profesi.
|
-Pertanyaan
tulis.
|
2x35
menit
|
-Buku
panduan Bahasa Arab Kelas IV.
-Buku
Lembar kerja siswa (Peserta didik) kelas IV.
-Kamus
Bahasa Arab.
|
|
Bojonegoro,
18 Juli 2012
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Bidang Studi : BAHASA
ARAB
Kelas : IV
(Empat)
Semester :
Ganjil/Genap
Smt
|
Nomor
PSP
|
Pokok Bahasan
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
I
|
1
2
3
|
1.
تعارف
2.
أدوات المدرسية
3.
المهنة
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
|
||
II
|
1
2
|
1.
الحياة العائلية
2.
الأسرة
3.
العنوان
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
|
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas
/ Semester : IV /Ganjil
Satuan Pendidikan :
MI Tahun
Pelajaran : 2012 – 2013
No
|
Pokok Bahasan / Sub
Pokok Bahasan
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust.
|
Sept.
|
Okt.
|
Nop.
|
Des.
|
|
Ket.
|
|||||||||||||||||||||||
TM
|
UH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
||
1.
|
التعارف
|
الاستماع
|
2
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
الكلام
|
3
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
القراءة
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
الكتابة
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
التمرينة
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
الأدوات المدرسة
|
الاستماع
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
الكلام
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
القراءة
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
الكتابة
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
التمرينة
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
|
المهنة
|
الاستماع
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
الكلام
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
القراءة
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
الكتابة
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
||||
التمرينة
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
||||
Jumlah waktu yang diperlukan
|
42
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Pencapaian target
kurikulum
|
Persen %
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelaksaan. %
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar