PERANGKAT PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI BAHASA ARAB
KELAS V
SEMESTER GANJIL
Oleh : Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM – BOJONEGORO
TAHUN 2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
MI Baitul Muttaqin
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
V/1
Pokok Bahasan :
البستان
Sub Pokok Bahasan : Maharoh
Al Kalam
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
Pertemuan ke - : 1
Pendekatan :
Humanistik
Metode :
Active Learning
A.
Standar
Kompetensi : 1. Berbicara
·
Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang kebun.
B.
Kompetensi
Dasar : 1.
Berbicara
·
Melakukan dialog sederhana tentang
البستان
·
Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentang
البستان
C.
Indikator 1. Bercakap dengan baik dan benar.
2. Mengidentifikasi
makna dalam percakapan tentang kebun.
3. Menjawab pertanyaan tentang percakapan yang
berkaitan tentang kebun.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengucapkan kata, frasa, dan kalimat tentang kebun dengan benar.
2.
Siswa dapat menjawab pertanyaan dalam teks percakapan sehingga
mereka memahami maksud dari percakapan tersebut.
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Percakapan bahasa Arab. (الحوار)
ذهب أحمد إلى الفصل
و يلتقى محمد أمام الفصل
أحمد : السلام عليكم
محمد : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
أحمد : ماذا تعمل، في يوم العطلة؟
محمد : أنا أذهب إلى البستان صباحا ومساء
أحمد : ماذا في بستان ؟
محمد : فيه
أشجار ونبات كثيرة أشجار
أحمد : لمن ذلك البستان؟
محمد : لأبي، هو الفلاح
أحمد : ماذا زرع أبوك في البستان؟
محمد : هو يزرع الخضروات منها البطاطس والطماطم
وغير ذلك.
أحمد : عطلة سعيدة يامحمد؟
محمد : نعم، تفضل إلى بستاني
أحمد : شكرا غدا إنشاءالله ،إلى اللقاء
محمد : مع السلامة
F. Kegiatan Pembelajaran
1.
Guru memberikan contoh percakapan
kepada siswa tentang kebun
dengan benar.
2.
peserta didik mendengarkan arahan
guru.
3.
peserta didik berpasang-pasang
melakukan percakapan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
waktu
|
|
1.
|
Kegiatan
Awal/
Apersepsi
a.
Guru Mengawali kegiatan
pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah
b.
Guru memberikan permainan sebagai
motivasi untuk mengikuti pelajaran.
Kegiatan inti
a.
Guru menjelaskan pentingnya
mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik.
b.
Guru Membacakan mufrodat tentang البستان dan memberikan
contoh percakapan sederhana dengan media gambar bersambung.
c.
Guru memeriksa pemahaman peserta
didik dengan meminta mereka untuk berdialog tentang kebun dengan temannya.
Penutup
a.
Guru mengajak peserta didik
melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru menutup pelajaran dengan
membaca hamdalah dan mengucapkan salam
|
سأقول
" السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
بقراءة البسملة جماعة..........
قبل بدء
الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن نفرح
....ل ل ل ل.....2×
أكتبوا هذا
المادة الأخيرة : تعارف، الأدات المدرسية، السبورة، الكتاب، المهنة، الأستاذ،
التاجر, الفلاح.
إستمعوا
واهتموا جيدا !!
سيقرأ
أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم.
نكتفي
درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم..
|
Peserta
didik menjawab salam dan membaca basmalah bersama.
Peserta
didik mengikuti instruksi guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan
memahami pentingnya bahasa Arab
Peserta
didik mendengarkan mufrodat sekaligus contoh percakapan yang di ucapkan oleh
guru
Peserta
didik mencatat mufrodat yang dibacakan guru dibuku masing-masing
peserta
didik berpasangan untuk percakapan tentang perkenalan, alat-alat madrasah,
dan profesi.
Peserta
didik mendengaran arahan guru
Peserta
didik membaca hamdalah bersama-sama dan menjawab salam
|
2
menit
10
menit
3
menit
15 menit
15 menit
20
menit
5
menit
|
H.
Sumber dan
Media Pembelajaran
1. Guru
2. Buku
Panduan Bahasa Arab Kelas V
3. Buku
Lembar Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas V
4. Blackboart,
Penghapus, dan Kapur Tulis
5. Media
Gambar bersambung
6. Kamus
I.
Penilaian/Bentuk
Evaluasi
No
|
Nama
|
Kriteria
dan Skala Pensekoran
|
|||
Kelancaran
berbicara
|
Pemahaman
percakapan
|
Ketepatan
menjawab
|
Skor
|
||
20
|
40
|
40
|
100
|
||
Kriteria Penilaian : 85 – 75 = A 64
– 55 = C
74 – 65 = B 54 – 45 = D
J.
Lampiran
-
Silabus
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
Nama Sekolah
|
: MI Baitul Muttaqin
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
Kelas / Semester
|
: V / Ganjil
|
Standar Kompetensi
|
: Berbicara/Kalam. Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog
tentang lingkungan, rumah dan kebun.
|
Alokasi Waktu
|
: 2 X 35 menit (1x Pertemuan)
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1
Melakukan
dialog sederhana tentang ،في البيت, في الحديقة, الألوان.
1.2
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
في
البيت, في الحديقة, الألوان.
|
Percakapan
tentang في
البيت, في الحديقة, الألوان.
.
|
Guru
memberikan contoh percakapan kepada siswa tentang في البيت, في الحديقة, الألوان.
Kemudian
siswa berpasangan untuk percakapan tentang
في البيت, في الحديقة, الألوان.
|
- Bercakap
dengan baik dan benar.
-Mengidentifikasi
makna dalam percakapan tentang perkenalan, alat-alat sekolah, dan profesi.
- Menjawab
pertanyaan-pertanyaan seputar percakapan tentang perkenalan, alat-alat
sekolah, dan profesi.
|
-Partisipasi
siswa selama KBM
berlangsung.
-Pertanyaan
Lisan.
|
2x35
menit
|
-Buku
panduan Bahasa Arab Kelas IV.
-Buku
Lembar kerja siswa (Peserta didik) kelas IV.
-Kamus
Bahasa Arab.
|
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Bidang Studi : BAHASA
ARAB
Kelas : V
(Lima)
Semester :
Ganjil/Genap
Smt
|
Nomor
PSP
|
Pokok Bahasan
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
I
|
1
2
3
|
1.
فى البيت
2.
في الحديقة
3.
الألوان
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
|||
II
|
1
2
|
1.
في المدرسة
2.
في المكتبة
3.
في المقصف
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas
/ Semester : V /Ganjil
Satuan Pendidikan :
MI Tahun
Pelajaran : 2012 – 2013
No
|
Pokok Bahasan / Sub
Pokok Bahasan
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust.
|
Sept.
|
Okt.
|
Nop.
|
Des.
|
Ket.
|
||||||||||||||||||||||||
TM
|
UH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
1.
|
في البيت
|
الاستماع
|
2
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام
|
3
|
X
|
X
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة
|
1
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
في الحديقة
|
الاستماع
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام
|
4
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة
|
4
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة
|
2
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
الألوان
|
الاستماع
|
3
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام
|
2
|
X
|
X
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة
|
2
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة
|
1
|
X
|
X
|
X
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة
|
2
|
X
|
X
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah waktu yang diperlukan
|
42
|
4
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian target
kurikulum
|
Persen %
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelaksaan. %
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar