PERANGKAT PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI BAHASA ARAB
KELAS V
SEMESTER GANJIL
Oleh : Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM – BOJONEGORO
TAHUN 2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                                    :
MI Baitul Muttaqin
Mata Pelajaran                         :
Bahasa Arab
Kelas/Semester                        :
V/1
Pokok Bahasan                        :
البستان
Sub Pokok Bahasan                 : Maharoh
Al Kalam
Alokasi Waktu                         : 2
x 35 menit
Pertemuan ke -                        : 1
Pendekatan                              :
Humanistik
Metode                                    :
Active Learning
A.    
Standar
Kompetensi   : 1. Berbicara
·        
Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog tentang kebun.
B.    
Kompetensi
Dasar      : 1.
Berbicara
·        
Melakukan dialog sederhana tentang 
 البستان
·        
Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentang
البستان
C.    
Indikator                     1.   Bercakap dengan baik dan benar.
2.    Mengidentifikasi
makna dalam percakapan tentang kebun.
3.  Menjawab pertanyaan tentang percakapan yang
berkaitan tentang   kebun.
D.    
Tujuan
Pembelajaran
1.   
Siswa dapat  mengucapkan kata, frasa, dan kalimat tentang kebun dengan benar.
2.   
Siswa dapat  menjawab pertanyaan dalam teks percakapan sehingga
mereka memahami maksud dari percakapan tersebut.  
E.    
Materi
Pembelajaran
1.     
Percakapan bahasa Arab. (الحوار)
ذهب أحمد إلى الفصل
و يلتقى محمد أمام الفصل
أحمد       : السلام عليكم 
محمد      : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
أحمد       : ماذا تعمل، في يوم العطلة؟
محمد      : أنا أذهب إلى البستان صباحا ومساء
أحمد       : ماذا في بستان ؟
محمد      : فيه
أشجار ونبات كثيرة أشجار
أحمد       : لمن ذلك البستان؟
محمد      : لأبي، هو الفلاح
أحمد       : ماذا زرع أبوك في البستان؟
محمد      : هو يزرع الخضروات منها البطاطس والطماطم
وغير ذلك.
أحمد       : عطلة سعيدة يامحمد؟ 
محمد      : نعم، تفضل إلى بستاني
أحمد       : شكرا غدا إنشاءالله ،إلى اللقاء 
محمد      : مع السلامة
F.      Kegiatan Pembelajaran
1.     
Guru memberikan contoh percakapan
kepada siswa tentang kebun
dengan benar. 
2.     
peserta didik mendengarkan arahan
guru.
3.     
peserta didik berpasang-pasang
melakukan percakapan.
G.   
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No 
 | 
  
Kegiatan
  Guru 
 | 
  
Kegiatan
  Peserta didik 
 | 
  
Alokasi
  waktu 
 | 
 |
1. 
 | 
  
Kegiatan
  Awal/ 
Apersepsi 
a.           
  Guru Mengawali kegiatan
  pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah 
b.          
  Guru memberikan permainan sebagai
  motivasi untuk mengikuti pelajaran. 
Kegiatan inti 
a.         
  Guru menjelaskan pentingnya
  mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik. 
b.         
  Guru Membacakan mufrodat tentang  البستان dan memberikan
  contoh percakapan sederhana dengan media gambar bersambung. 
c.         
  Guru memeriksa pemahaman peserta
  didik dengan meminta mereka untuk berdialog tentang kebun dengan temannya. 
Penutup 
a.         
  Guru mengajak peserta didik
  melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar  
b.         
  Guru menutup pelajaran dengan
  membaca hamdalah dan mengucapkan salam 
 | 
  
سأقول
  " السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
  بقراءة البسملة جماعة.......... 
قبل بدء
  الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن نفرح
  ....ل ل ل ل.....2× 
أكتبوا هذا
  المادة الأخيرة : تعارف، الأدات المدرسية، السبورة، الكتاب، المهنة، الأستاذ،
  التاجر, الفلاح. 
إستمعوا
  واهتموا جيدا !! 
سيقرأ
  أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم. 
نكتفي
  درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
  بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم.. 
 | 
  
Peserta
  didik menjawab salam dan membaca basmalah bersama. 
Peserta
  didik mengikuti instruksi guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan
  memahami pentingnya bahasa Arab 
Peserta
  didik mendengarkan mufrodat sekaligus contoh percakapan yang di ucapkan oleh
  guru 
Peserta
  didik mencatat mufrodat yang dibacakan guru dibuku masing-masing  
peserta
  didik berpasangan untuk percakapan tentang perkenalan, alat-alat madrasah,
  dan profesi.  
Peserta
  didik mendengaran arahan guru 
Peserta
  didik membaca hamdalah bersama-sama dan menjawab salam 
 | 
  
2
  menit 
10
  menit 
3
  menit 
15  menit  
15 menit 
20
  menit 
5       
  menit 
 | 
 
H.   
Sumber dan
Media Pembelajaran
1.      Guru
2.      Buku
Panduan Bahasa Arab Kelas V
3.      Buku
Lembar Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas V
4.      Blackboart,
Penghapus, dan Kapur Tulis
5.      Media
Gambar bersambung
6.      Kamus
I.      
Penilaian/Bentuk
Evaluasi
No 
 | 
  
Nama 
 | 
  
Kriteria
  dan Skala Pensekoran 
 | 
 |||
Kelancaran
  berbicara 
 | 
  
Pemahaman
   
percakapan 
 | 
  
Ketepatan
  menjawab 
 | 
  
Skor 
 | 
 ||
20 
 | 
  
40 
 | 
  
40 
 | 
  
100 
 | 
 ||
Kriteria Penilaian : 85 – 75 = A                                                 64
– 55 = C
                             74 – 65 = B                                                 54 – 45 = D
J.     
Lampiran
-         
Silabus
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah                                                                     Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso                                                                      Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
Nama Sekolah 
 | 
  
: MI Baitul Muttaqin  
 | 
 
Mata Pelajaran 
 | 
  
: Bahasa Arab  
 | 
 
Kelas / Semester 
 | 
  
: V / Ganjil 
 | 
 
Standar Kompetensi 
 | 
  
: Berbicara/Kalam. Mengungkapkan informasi secara lisan
  dalam bentuk paparan  atau dialog
  tentang lingkungan, rumah dan kebun. 
 | 
 
Alokasi Waktu 
 | 
  
: 2 X 35 menit (1x Pertemuan) 
 | 
 
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
MATERI PEMBELAJARAN 
 | 
  
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
INDIKATOR 
 | 
  
PENILAIAN 
 | 
  
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
SUMBER BELAJAR 
 | 
 
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
6 
 | 
  
7 
 | 
 
1.1 
Melakukan
  dialog sederhana tentang ،في البيت, في الحديقة, الألوان.  
1.2    
Menyampaikan
  informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang  
في
  البيت, في الحديقة, الألوان. 
 | 
  
Percakapan
  tentang في
  البيت, في الحديقة, الألوان.  
. 
 | 
  
Guru
  memberikan contoh percakapan kepada siswa tentang في البيت, في الحديقة, الألوان.  
Kemudian
  siswa berpasangan untuk percakapan tentang 
  في البيت, في الحديقة, الألوان. 
 | 
  
- Bercakap
  dengan baik dan benar. 
-Mengidentifikasi
  makna dalam percakapan tentang perkenalan, alat-alat sekolah, dan profesi. 
- Menjawab
  pertanyaan-pertanyaan seputar percakapan tentang perkenalan, alat-alat
  sekolah, dan profesi. 
 | 
  
-Partisipasi
  siswa selama KBM 
berlangsung. 
-Pertanyaan
  Lisan. 
 | 
  
2x35
  menit 
 | 
  
-Buku
  panduan Bahasa Arab Kelas IV.  
-Buku
  Lembar kerja siswa (Peserta didik) kelas IV. 
-Kamus
  Bahasa Arab. 
 | 
 
Kepala Madrasah                                                                                       Guru Mata Pelajaran           
Drs. Santoso                                                                                     Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Bidang Studi  : BAHASA
ARAB
Kelas               : V
(Lima)
Semester         :
Ganjil/Genap
Smt 
 | 
  
Nomor 
PSP 
 | 
  
Pokok Bahasan 
 | 
  
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 
I 
 | 
  
1 
2 
3 
 | 
  
1.     
  فى البيت 
2.     
  في الحديقة 
3.     
  الألوان 
 | 
  
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  |
JUMLAH 
 | 
  
46 JP 
 | 
  |||
II 
 | 
  
1 
2 
 | 
  
1.     
  في المدرسة 
2.     
  في المكتبة 
3.     
  في المقصف 
 | 
  
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  |
JUMLAH 
 | 
  
46 JP 
 | 
  
Bojonegoro, 18 Juli 2012
                                                         Mengetahui,
          Kepala Madrasah,                                            Guru Mata Pelajaran
       Drs. Santoso                                                Evi Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
PROGRAM SEMESTER 
Mata Pelajaran                      : Bahasa Arab                                                         Kelas
/ Semester : V /Ganjil 
Satuan Pendidikan               :
MI                                                              Tahun
Pelajaran                : 2012 – 2013
No 
 | 
  
Pokok Bahasan / Sub
   Pokok Bahasan 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
  
Juli 
 | 
  
Agust. 
 | 
  
Sept. 
 | 
  
Okt. 
 | 
  
Nop. 
 | 
  
Des. 
 | 
  
Ket. 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
TM 
 | 
  
UH 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  |||||||
1. 
 | 
  
في البيت 
 | 
  
الاستماع 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة 
 | 
  
1 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
2. 
 | 
  
في الحديقة 
 | 
  
الاستماع 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام 
 | 
  
4 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة 
 | 
  
4 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
3. 
 | 
  
الألوان 
 | 
  
الاستماع 
 | 
  
3 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
الكلام 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
القراءة 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||
الكتابة 
 | 
  
1 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||
التمرينة 
 | 
  
2 
 | 
  
X 
 | 
  
X 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah waktu yang diperlukan 
 | 
  
42 
 | 
  
4 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian target
  kurikulum 
 | 
  
Persen % 
 | 
  ||||||||||||||||||||||||||||||||||
  Pelaksaan. % 
 | 
  |||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar