PERANGKAT PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI BAHASA ARAB
KELAS IV
SEMESTER GANJIL
Oleh : Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM – BOJONEGORO
TAHUN 2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
MI Baitul Muttaqin Tlogoagung
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
IV/1
Pokok Bahasan :
التعارف
Sub Pokok Bahasan : Maharoh
Al Istima’
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
Pertemuan ke - : 1
Pendekatan :
Humanistik
Metode :
Active Learning
A.
Standar
Kompetensi : 1. Menyimak
·
Memahami Informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan.
B. Kompetensi Dasar : 1.
Menyimak
·
Mengidentifikasi bunyi huruf
Hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) tentang
التعارف
·
Menemukan makna atau gagasan dari
wacana lisan sederhana tentang
التعارف
C.
Indikator 1. Mendengar kosakata dan wacana dengan baik dan benar.
2.
mengidentifikasi makna dalam wacana tentang perkenalan.
3.
Mengungkapkan kembali Wacana tersebut.
4. menjawab pertanyaan yang
berkaitan tentang perkenalan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mendengarkan kata,
frasa, dan kalimat tentang التعارف Dengan benar dan
baik.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi makna
dari kosakata dan wacana yang dicontohkan guru.
3.
Siswa dapat mengulang kembali dengan
apa yang di dengar.
4.
Siswa dapat menjawab pertanyaan
dalam teks sehingga mereka memahami maksud dari bacaan tersebut.
E. Materi Pembelajaran
1.
تعارف، الآدات
المدرسة، السبورة، الكتاب, المهنة ، الأستاذ، التاجر، الفلاح
F. Kegiatan Pembelajaran
1.
Guru Mengucapkan kosakata atau
mufrodat.
2.
Siswa menulis mufrodat dibuku
masing-masing dan didiktikan oleh guru.
3.
Siswa membaca mufrodat tersebut
secara bersamaan lalu bergantian antar kelompok.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Guru
|
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal/
Apersepsi
a.
Guru Mengawali kegiatan
pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah
b.
Guru memberikan permainan sebagai
motivasi untuk mengikuti pelajaran.
Kegiatan inti
a.
Guru menjelaskan pentingnya
mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik.
b.
Guru Membacakan mufrodat dan
membacakan teks tentang التعارف
dengan menggunakan media kartu.
c.
Guru memeriksa pemahaman peserta
didik dengan meminta mereka mengungkapkan kembali apa yang dicontohkan oleh guru.
Penutup
a.
Guru mengajak peserta didik
melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru menutup pelajaran dengan
membaca hamdalah dan mengucapkan salam
|
سأقول
" السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
بقراءة البسملة جماعة..........
قبل بدء
الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن نفرح
....ل ل ل ل.....2×
أكتبوا هذا
المادة الأخيرة : تعارف، الأدات المدرسية، السبورة، الكتاب، المهنة، الأستاذ،
التاجر, الفلاح.
إستمعوا
واهتموا جيدا !!
سيقرأ
أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم.
نكتفي
درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم..
|
Peserta
didik menjawab salam dan membaca basmalah bersama.
Peserta
didik mengikuti instruksi guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan
memahami pentingnya bahasa Arab
Peserta
didik mendengarkan mufrodat yang di ucapkan oleh guru
Peserta
didik mencatat mufrodat yang dibacakan guru dibuku masing-masing
peserta
didik membaca apa yang mereka catat secara bergantian
Peserta
didik mendengaran arahan guru
Peserta
didik membaca hamdalah bersama-sama dan menjawab salam
|
2
menit
10
menit
3
menit
15 menit
20
menit
10
menit
5
menit
5
menit
|
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Guru
2. Buku
Panduan Bahasa Arab Kelas IV
3. Buku
Lembar Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas IV
4. Kartu
mufrodat, Blackboart, Penghapus, dan Kapur Tulis
5.
Kamus
Penilaian/Bentuk Evaluasi
No
|
Nama
|
Kriteria dan Skala Pensekoran
|
|||
Ketepatan mendengar
|
Pemahaman bacaan
|
Ketepatan menjawab
|
Skor
|
||
|
|
40
|
40
|
20
|
100
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian : 85 – 75 = A 64
– 55 = C
74 – 65 = B 54 – 45 = D
Lampiran
-
Silabus
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
Nama
Sekolah
|
:
MI Baitul Muttaqin
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Arab
|
Kelas
/ Semester
|
:
IV / Ganjil
|
Standar
Kompetensi
|
: Mendengar/Istima’.
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang
perkenalan, alat-alat sekolah, dan profesi
|
Alokasi
Waktu
|
: 2
X 35 menit (1x Pertemuan)
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
KRITERIA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.1
mengidentifikasi
bunyi (Hijaiyah) dan ujaran (kata, kalimat) tentang المهنة، المدرسية الآدوات، التعارف
1.2
menemukan
makna dan gagasan dari wacana lisan sederhana tentang التعارف، الآدوات المدرسية، المنهة
|
Mufradat
baru seperti
أهلا وسهلا- أنا- أنت- الكتاب- الأستاذ- الفلاح
Dan
struktur kalimat dasar yang mengandung bentuk isim mufrad dan isim dhomir dan
pertanyaan yang terdapat dalam teks
|
Guru
mengucapkan kosakata dengan baik dan benar dan siswa menirukan.
|
- Membaca mufrodat dengan baik dan benar.
-Mengidentifikasi makna dalam wacana tentang perkenalan,
alat-alat sekolah, dan profesi.
-Menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar teks tentang perkenalan,
alat-alat sekolah, dan profesi.
|
Pertanyaan
tulis
|
2x35
menit
|
-Buku
panduan Bahasa Arab Kelas IV.
-Buku
Lembar kerja siswa (Peserta didik) kelas IV.
-Kamus
Bahasa Arab.
|
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Bidang Studi : BAHASA
ARAB
Kelas : IV
(Empat)
Semester :
Ganjil/Genap
Smt
|
Nomor
PSP
|
Pokok Bahasan
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
I
|
1
2
3
|
1.
تعارف
2.
أدوات المدرسية
3.
المهنة
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
|
||
II
|
1
2
|
1.
الحياة العائلية
2.
الأسرة
3.
العنوان
|
18 JP
18 JP
18 JP
|
|
JUMLAH
|
46 JP
|
|
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab Kelas
/ Semester : 1V /Ganjil
Satuan Pendidikan : MI Tahun
Pelajaran : 2012 – 2013
No
|
Pokok Bahasan / Sub
Pokok Bahasan
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agust.
|
Sept.
|
Okt.
|
Nop.
|
Des.
|
|
Ket.
|
|||||||||||||||||||||||
TM
|
UH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
||
1.
|
التعارف
|
الاستماع
|
2
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
الكلام
|
3
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
القراءة
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
الكتابة
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
التمرينة
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
الأدوات المدرسة
|
الاستماع
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
الكلام
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
القراءة
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
الكتابة
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
التمرينة
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
|
المهنة
|
الاستماع
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
الكلام
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
القراءة
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
الكتابة
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
|
|
|
||||
التمرينة
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
|
|
||||
Jumlah waktu yang diperlukan
|
42
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Pencapaian target
kurikulum
|
Persen %
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelaksaan. %
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar