PERANGKAT PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI BAHASA ARAB
KELAS IV
SEMESTER GANJIL
Oleh : Evi Muzaiyidah Bukhori
(09330090)
DEPARTEMEN AGAMA RI
MADRASAH IBTIDAIYAH BAITUL MUTTAQIN
KEDUNGADEM – BOJONEGORO
TAHUN 2012/2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah                        :
MI Baitul Muttaqin Tlogoagung
Mata Pelajaran             :
Bahasa Arab
Kelas/Semester             :
IV/1
Pokok Bahasan             :
التعارف
Sub Pokok Bahasan     : Maharoh
Al Istima’
Alokasi Waktu             : 2
x 35 menit
Pertemuan ke -             : 1
Pendekatan                  :
Humanistik
Metode                                    :
Active Learning
A.    
Standar
Kompetensi   : 1. Menyimak             
·        
Memahami Informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan.
B.     Kompetensi Dasar      : 1.
Menyimak
·        
Mengidentifikasi bunyi huruf
Hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat) tentang 
التعارف
·        
Menemukan makna atau gagasan dari
wacana lisan sederhana tentang
التعارف
C.    
Indikator                     1.   Mendengar  kosakata dan wacana dengan baik dan benar.
2.
mengidentifikasi makna dalam wacana tentang perkenalan.
3.
Mengungkapkan kembali Wacana tersebut.
4.  menjawab pertanyaan yang
berkaitan tentang perkenalan.
D.    
Tujuan
Pembelajaran
1.     
Siswa dapat mendengarkan kata,
frasa, dan kalimat tentang التعارف Dengan benar dan
baik.
2.     
Siswa dapat mengidentifikasi makna
dari kosakata dan wacana yang dicontohkan guru. 
3.     
Siswa dapat mengulang kembali dengan
apa yang di dengar.
4.     
Siswa dapat menjawab pertanyaan
dalam teks sehingga mereka memahami maksud dari bacaan tersebut.  
E.     Materi Pembelajaran
1.     
تعارف، الآدات
المدرسة، السبورة، الكتاب, المهنة ، الأستاذ، التاجر، الفلاح
F.      Kegiatan Pembelajaran
1.     
Guru Mengucapkan kosakata atau
mufrodat.
2.     
Siswa menulis mufrodat dibuku
masing-masing dan didiktikan oleh guru.
3.     
Siswa membaca mufrodat tersebut
secara bersamaan lalu bergantian antar kelompok.
G.   
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
| 
   
No 
 | 
  
   
Kegiatan
  Guru 
 | 
  
   | 
  
   
Kegiatan
  Peserta didik 
 | 
  
   
Alokasi
  waktu 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Kegiatan
  Awal/ 
Apersepsi 
a.           
  Guru Mengawali kegiatan
  pembelajaran dengan salam dan membaca basmalah 
b.          
  Guru memberikan permainan sebagai
  motivasi untuk mengikuti pelajaran. 
Kegiatan inti 
a.         
  Guru menjelaskan pentingnya
  mempelajari bahasa Arab kepada peserta didik. 
b.         
  Guru Membacakan mufrodat dan
  membacakan teks tentang  التعارف
  dengan menggunakan media kartu.  
c.         
  Guru memeriksa pemahaman peserta
  didik dengan meminta mereka mengungkapkan kembali apa yang dicontohkan  oleh guru. 
Penutup 
a.         
  Guru mengajak peserta didik
  melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar  
b.         
  Guru menutup pelajaran dengan
  membaca hamdalah dan mengucapkan salam 
 | 
  
   
سأقول
  " السلام عليكم .." نهار سعيد .. هيا نبدأ دراستنا في هذا اليوم
  بقراءة البسملة جماعة.......... 
قبل بدء
  الدرس هيا تغني معا للتشجيع. هنا نفرح ... هناك نفرح ... في أي مكان نحن نفرح
  ....ل ل ل ل.....2× 
أكتبوا هذا
  المادة الأخيرة : تعارف، الأدات المدرسية، السبورة، الكتاب، المهنة، الأستاذ،
  التاجر, الفلاح. 
إستمعوا
  واهتموا جيدا !! 
سيقرأ
  أصدقاءكم عن المفردات الذي كتبوا في كتبكم. 
نكتفي
  درسنا في هذه الفرصة إلغائية و سنواصل درسنا اليوم باللقاء الآتي. هيا نختتم
  بقراءة الحمدالله... وأقول شكرا على إهتمامكم .. ثم السلام عليكم.. 
 | 
  
   
Peserta
  didik menjawab salam dan membaca basmalah bersama. 
Peserta
  didik mengikuti instruksi guru untuk membangkitkan motivasi peserta didik dan
  memahami pentingnya bahasa Arab 
Peserta
  didik mendengarkan mufrodat yang di ucapkan oleh guru 
Peserta
  didik mencatat mufrodat yang dibacakan guru dibuku masing-masing  
peserta
  didik membaca apa yang mereka catat secara bergantian  
Peserta
  didik mendengaran arahan guru 
Peserta
  didik membaca hamdalah bersama-sama dan menjawab salam 
 | 
  
   
2
  menit 
10
  menit 
3
  menit 
15  menit  
20
  menit 
10
  menit 
5
  menit 
5
  menit 
 | 
 
Sumber dan Media Pembelajaran
1.     
Guru
2.      Buku
Panduan Bahasa Arab Kelas IV
3.      Buku
Lembar Kerja Siswa (Peserta didik) Kelas IV
4.      Kartu
mufrodat, Blackboart, Penghapus, dan Kapur Tulis
5.     
Kamus
Penilaian/Bentuk Evaluasi
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Kriteria dan Skala Pensekoran 
 | 
 |||
| 
   
Ketepatan mendengar 
 | 
  
   
Pemahaman bacaan 
 | 
  
   
Ketepatan menjawab 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 ||
| 
   | 
  
   | 
  
   
40 
 | 
  
   
40 
 | 
  
   
20 
 | 
  
   
100 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Kriteria Penilaian : 85 – 75 = A                                                           64
– 55 = C
                             74 – 65 = B                                                 54 – 45 = D
Lampiran
-         
Silabus
Bojonegoro, 18 Juli 2012
Kepala Madrasah                                                                     Guru
Mata Pelajaran
Drs. Santoso                                                                      Evi
Muzaiyidah Bukhori, S.Pd.I
SILABUS
| 
   
Nama
  Sekolah 
 | 
  
   
:
  MI Baitul Muttaqin  
 | 
 
| 
   
Mata
  Pelajaran 
 | 
  
   
:
  Bahasa Arab  
 | 
 
| 
   
Kelas
  / Semester 
 | 
  
   
:
  IV / Ganjil 
 | 
 
| 
   
Standar
  Kompetensi 
 | 
  
   
: Mendengar/Istima’.
  Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk
  paparan  atau dialog tentang
  perkenalan, alat-alat sekolah, dan profesi 
 | 
 
| 
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
: 2
  X 35 menit (1x Pertemuan) 
 | 
 
| 
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
MATERI PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
PENILAIAN 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
   
SUMBER BELAJAR 
 | 
  
   
KRITERIA 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
8 
 | 
 
| 
   
1.1 
mengidentifikasi
  bunyi (Hijaiyah) dan ujaran (kata, kalimat) tentang المهنة، المدرسية الآدوات، التعارف  
1.2    
menemukan
  makna dan gagasan dari wacana lisan sederhana tentang التعارف، الآدوات المدرسية، المنهة 
 | 
  
   
Mufradat
  baru seperti  
أهلا وسهلا- أنا- أنت- الكتاب- الأستاذ- الفلاح 
Dan
  struktur kalimat dasar yang mengandung bentuk isim mufrad dan isim dhomir dan
  pertanyaan yang terdapat dalam teks 
 | 
  
   
Guru
  mengucapkan kosakata dengan baik dan benar dan siswa menirukan. 
 | 
  
   
- Membaca mufrodat dengan baik dan benar.  
-Mengidentifikasi makna dalam wacana tentang perkenalan,
  alat-alat sekolah, dan profesi. 
-Menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar teks tentang perkenalan,
  alat-alat sekolah, dan profesi. 
 | 
  
   
Pertanyaan
  tulis 
 | 
  
   
2x35
  menit 
 | 
  
   
-Buku
  panduan Bahasa Arab Kelas IV.  
-Buku
  Lembar kerja siswa (Peserta didik) kelas IV. 
-Kamus
  Bahasa Arab. 
 | 
  
   | 
 
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
Bidang Studi  : BAHASA
ARAB
Kelas               : IV
(Empat)
Semester         :
Ganjil/Genap
| 
   
Smt 
 | 
  
   
Nomor 
PSP 
 | 
  
   
Pokok Bahasan 
 | 
  
   
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
I 
 | 
  
   
1 
2 
3 
 | 
  
   
1.     
  تعارف 
2.     
  أدوات المدرسية 
3.     
  المهنة 
 | 
  
   
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  
   | 
 
| 
   
JUMLAH 
 | 
  
   
46 JP 
 | 
  
   | 
 ||
| 
   
II 
 | 
  
   
1 
2 
 | 
  
   
1.     
  الحياة العائلية 
2.     
  الأسرة 
3.     
  العنوان 
 | 
  
   
18 JP 
18 JP 
18 JP 
 | 
  
   | 
 
| 
   
JUMLAH 
 | 
  
   
46 JP 
 | 
  
   | 
 
                                                                                                                 
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran                      :
Bahasa Arab                                                                                       Kelas
/ Semester    : 1V /Ganjil
Satuan Pendidikan               : MI                                                                                                        Tahun
Pelajaran   : 2012 – 2013
| 
   
No 
 | 
  
   
Pokok Bahasan / Sub
   Pokok Bahasan 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Juli 
 | 
  
   
Agust. 
 | 
  
   
Sept. 
 | 
  
   
Okt. 
 | 
  
   
Nop. 
 | 
  
   
Des. 
 | 
  
   | 
  
   
Ket. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||
| 
   
TM 
 | 
  
   
UH 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
1. 
 | 
  
   
التعارف 
 | 
  
   
الاستماع 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
الكلام 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
القراءة 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
الكتابة 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
التمرينة 
 | 
  
   | 
  
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
2. 
 | 
  
   
الأدوات المدرسة 
 | 
  
   
الاستماع 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
الكلام 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
القراءة 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
الكتابة 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
التمرينة 
 | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
3. 
 | 
  
   
المهنة 
 | 
  
   
الاستماع 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
الكلام 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
القراءة 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
الكتابة 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
التمرينة 
 | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
X 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
Jumlah waktu yang diperlukan 
 | 
  
   
42 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||||
| 
   
Pencapaian target
  kurikulum 
 | 
  
   
Persen % 
 | 
  
   | 
 |||||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
  Pelaksaan. % 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar